Aksi Mahasiswa Mamuju Menolak Revisi UU MD3

0
587
Unjuk rasa Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Pembela Demokrasi, di gedung DPR Kabupaten Mamuju, Selasa (20/2/2018) kemarin.
Laporan wartawan LensaSulawesi.Com, Ahmad Nur.
MAMUJU, LensaSulawesi.Com – Sorotan dan Kritikan terhadap Revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 mengenai MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) terus bergulir dari berbagai daerah seluruh Indonesia, sala satunya dari daerah Kab. mamuju Prov. Sulawesi Barat. UU MD3 yang telah disahkan pada rapat paripurna, 12 Februari 2018, itu merupakan UU pertama yang disahkan pada kepemimpinan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Siang kemarin, selasa 20 februari 2018, Mahasiswa dari berbagai organisasi kepemudaan di Mamuju membentuk ” aliansi pemuda dan mahasiswa pembela demokrasi ” juga menggelar aksi protes terhadap revisi UU MD3 ini.
Dalam aksi ini, Mahasiswa menolak UU MD3 Pasal 73, 122, dan 245, lantaran dinilai mengancam kebebasan berpendapat dan membunuh demokrasi, yakni Pasal 73 yang mengatur tentang menghadirkan seseorang dalam rapat di DPR atas bantuan aparat kepolisian, Pasal 245 yang mengatur angota DPR tidak bisa dipanggil aparat hukum jika belum mendapat izin dari MKD dan izin tertulis dari Presiden dan Pasal 122 huruf k yang mengatur kewenangan MKD menyeret siapa saja ke ranah hukum jika melakukan perbuatan yang patut diduga merendahkan martabat DPR dan anggota DPR.
Selain orasi secara bergantian di depan gedung DPR Kab. Mamuju, massa juga membawa keranda mayat sebagai bentuk matinya demokrasi di Indonesia menurut mereka.
“ Dengan hadirnya UU MD3, itu tanda matinya demokrasi di Negri ini. Kebebasan berserikat atau berpendapat itu dilindungi oleh UU, tetapi dengan hadirnya UU MD3 ini akan mencedrai demokrasi di Negri ini,” ujar Sopliadi, koordinator lapangan aksi ini.
Untuk diketahui, setidaknya ada 6 organisasi baik daerah maupun organisasi nasional yang tergabung dalam aliansi ini, diantaranya, Ikatan Pelajar Mahasiswa Pitu Ulunna Salu (Ipmapus Cabang Mamuju), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI Cabang Mamuju), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM Mamuju), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI Cabang Mamuju), Ikatan Pelajar Mahasiswa Mamuju Tengah (IPM-Mateng), dan Lingkar Mahasiswa Untuk Perubahan (LISAN Mamuju).(*/red).
(monas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here