HmI Menduga, Ada Oknum Yang Mempermainkan Harga Setiap Penetapan Harga TBS

0
142

MAMUJU,Lensasulawesi.com – Provinsi Sulawesi barat adalah salah satu penghasil perekonomian Perkebunan sawit yang besar Dalam keberlangsungan perkebunan ini yang telah mengembangkan perekonomian masyarakat Sulbar pada umumnya.

Namun, anjloknya harga sawit sampai Rp 776 sangat mempengaruhi tingkat perekonomian masyarakat sehingga sampai saat ini masyarakat telah menjerit.

Atas dasar tersebut, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra Supliadi menuturkan, perlunya ada keterlibatan pemerintah dalam peningkatan harga sawit tersebut.

“Kami berupaya mendorong untuk mendesak pemerintah agar kembali meningkatkan harga sawit dalam setiap penetapan harga sawit dalam 1 bulan, pemerintah harus mengacu kepada peraturan PerMentan No 1 tahun 2018
Tentang pedoman penetapan harga TBS” urainya

Menurutnya, dalam aturan tersebut dibeberapa poin termasuk setiap penetapan harga TBS pihak perusaan harus menyerahkan Harga CPO biasa disebut invois perusahaan.

“Tapi dalam setiap penetapan itu tidak pernah diperlihatkan sehingga kami menduga bahwa adanya upaya permainan yang dilakukan oleh oknum dinas, dan pihak perusahaan, serta tim penetapan harga”papar Supliadi

Sebelumnya, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Manakarra melakukan aksi demonstrasi di kantor DPRD Sulbar dengan tuntuta, Mendesak gubernur untuk mengevaluasi tim penetapan harga TBS setiap bulannya, dan embuat regulasi (perda) Dalam penetapan harga sawit.

 

Laporan: Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here