Mahasiswa Menduga, Penangkapan Ahyar Diintervensi Pemprov. Sulbar.

0
602
Ket. Photo : Busman Rasyid

MAMUJU, LensaSulawesi.Com  Aliansi Solidaritas Aktivis Sulawesi Barat berunjuk rasa di depan Mapolda Sulbar, Mereka menilai gerakan mereka mulai di intervensi oleh pihak pemerintah melalui aparat kepolisian. Wakil ketua I DPD PPMI Sulbar Busman Rasyid dalam orasinya menilai Polda Sulbar telah di intervensi Pemprov. Sulbar tentang kasus penahanan sala satu aktivis sulbar Muh. Ahyar. Kamis (24/8/17).

Gabungan dari berbagai organisasi kepemudaan ini orasi secara bergantian mulai dari simpang empat Ahmad kirang Mamuju menuju kantor Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat. Mahasiswa menuntut Polda agar membebaskan sala seorang kawannya yang ditahan oleh pihak kepolisian resort mamuju (Polres Mamuju) atas insiden perkelahian di DPR dengan Anggota Satpol PP pada jumat (11/8) kemarin.

” kami meminta kepada kepolisian dalam menangani kasus ini agar tidak diintervensi oleh pemerintah Prov. Sulbar, sebab kami menduga penangkapan yang dilakukan oleh kepolisian itu diintervensi oleh pemerintah,” tegas Busman Rasyid dalam orasinya.

Busman juga mengatakan, kita kembali pada kejadian beberapa bulan yang lalu, dimana pihak kepolisian telah melakukan tindak kekerasan kepada Mahasiswa namun diselesaikan secara kekeluargaan oleh mantan Kapolda Sulbar dengan Mahasiswa (red), tapi mengapa kasus saudara Ahyar yang kami minta diselesaikan secara kekeluargaan namun kepolisian menolak. Ada apa, apakah karena di intervensi oleh Gubernur Sulbar ? ” sambung pendiri LSM Belajang Botteng ini.

Sementara ketua HMI Cab. Manakarra Herlin selaku Koordinator Lapangan memintah, pihak kepolisian menindaklanjuti laporan balik Muh. Ahyar soal insiden perkelahian dengan anggota Satpol PP. (red) ” ujar Herlin.

Didampingi Wakapolres Mamuju dan sejumlah personil kepolisian Polres dan Polda Sulbar, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulbar Akbp Hj. Mashura M, SH bersama Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Herie Pramono, S.H., S.I.K yang menangani kasus ini saat menerima para Mahasiswa mengatakan, terkait masalah laporan balik Ahyar masih dalam tahap penyelidikan.

Ket. Photo :
Ket. Photo : Kabid Humas Polda Sulbar Akbp Mashura (tengah), Kasat Reskrim Polres Mamuju AKP Herie Pramono (kemeja pink)

” kami tidak berpihak kemana – kemana, laporan Ahyar belum ditingkatkan ketahap penyidikan masih dalam tahap penyelidikan,  ini sudah 7 saksi yang di periksa, belum ada yang memberatkan yang bersangkutan untuk ditahan.” terang Massyura dihadapan Massa Aksi.

(*)Monas.

Baca : https://lensasulawesi.com/dinilai-membungkam-gerakan-mahasiswa-aktivis-sulbar-demo-polda/

Baca : https://lensasulawesi.com/begini-keterangan-saksi-soal-kejadian-di-dpr/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here